Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jayapura Menghadiri Undangan Upacara Penerimaan & Pelepasan SatGas PamTas RI-PNG Kolakopsrem 172/Praja Wira Yakthi


Jayapura – Senin 12-08-2019, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI (Yosua Pandit Sembiring) secara resmi menerima dan melepaskan SatGas PamTas RI-PNG.
SatGas PamTas RI-PNG yg lama terdiri dari : Yonif PR 328/DGH, Yonif 126/KC dan Yonif 725/WRG.
SatGas PamTas yg baru yaitu terdiri dari : Yonif R 509/BY, Yonif 300/BJW dan Yonif 713/ST. Acara kegiatan Upacara Penerimaan dan Pelepasan SatGas PamTas RI-PNG Kolakopsrem 172/Praja Wira Yakthi itu dilaksanakan di Aula IPDN Papua, Buper, Waena, Kota Jayapura.

Upacara Penerimaan dan Pelepasan tsb dipimpin langsung oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Yosua Pandit Sembiring dan dihadiri oleh Jajaran Pejabat TNI AD/AU/AL, Pejabat PimTi Pemerintah Provinsi Papua, KaDPRP Papua, KaPolDa Papua, KaJaTi Papua, KaBNN Prov.Papua, KaJaRi Kota Jayapura, KaPolResTa Jayapura, KaPolRes Keerom, Walikota Jayapura, Bupati Keerom, KaBPKLN, CIQ (KaKanim Jayapura, KaBalai Karantina, KaDis Kesehatan Prov Papua, KaBea&Cukai), KaBid PSP Dinas Pertanian & Holtikultura Prov Papua, KaDis Kehutanan Prov Papua dan KaBBKSDA Papua.
Kepala Kantor Imigrasi Kelas-I TPI Jayapura (Gatut Setiawan) yang didampingi oleh Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas-I TPI Jayapura (Heksa Asik Soepriadi) turut hadir dalam Upacara tersebut

Panglima Kodam XVII/Cenderawasih mengucapkan selamat datang kepada Anggota SatGas PamTas RI-PNG di Bumi Cenderawasih : “Kepada para prajurit perlu diketahui bahwa wilayah perbatasan merupakan beranda depan NKRI yang memiliki nilai strategis bagi Kedaulatan Negara. Wilayah perbatasan ini memiliki kerawanan yang harus selalu diantisipasi seperti aktivitas illegal logging, kelompok kriminal bersenjata, penyelundupan Narkoba, MiRas dan lainnya”, kata Pangdam

Untuk itu Pangdam meminta SatGas PamTas RI-PNG harus menciptakan stabilitas keamanan di sepanjang perbatasan, selain itu SatGas PamTas yang baru harus membantu kesulitan dan memberi kebaikan bagi masyarakat di perbatasan. Selain itu kehadiran SatGas PamTas harus menjadi berkah bagi masyarakat, bangsa dan negara serta mentaati Hukum dan HAM agar terhindar dari segala bentuk pelanggaran HAM.
Secara khusus Pangdam meminta : “SatGas PamTas memahami karakter budaya dan kearifan lokal masyarakat Papua, apalagi di daerah ini juga terdapat beberapa satuan lain dari TNI maupun POLRI, sehingga diharapkan para prajurit menjalin hubungan yang baik dengan satuan lain maupun pemerintah daerah”, tandas Pangdam Yosua Pandit Sembiring.
Kepala Kantor Imigrasi Kelas-I TPI Jayapura pada akhir acara berkesempatan memberikan Cinderamata berupa Ucapan terimakasih kepada Komandan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (DanSatGas PamTas) PLBN/TPI Skouw Mayor Inf. Erwin beserta segenap Anggota SatGas PamTas Yonif PR 328/DGH atas kerjasamanya yang baik dengan Jajaran Kantor Imigrasi Kelas-I TPI Jayapura khususnya dengan Petugas Pemeriksa Keimigrasian di PLBN/TPI Skouw dalam rangka menjaga tegaknya kedaulatan NKRI.
Setelah menyerahkan Cinderamata tersebut, Gatut Setiawan memberi ucapan selamat jalan kepada para DanSatGas PamTas RI-PNG yg lama dan memberi ucapan selamat datang dan bertugas kepada para DanSatGas PamTas RI-PNG yang baru.