Pelaksanaan Kegiatan Clearance (Pemberian Izin Masuk – Keluar) Kru Kapal MT. Sapporo Princess di Pelabuhan Jayapura

Jayapura, Rabu, 09 Maret 2022 – Petugas Seksi Lantaskim Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jayapura melaksanaan kegiatan Clearance In – Out Kru Kapal MT. Sapporo Princess di Pelabuhan Jayapura yang dimulai pada pukul 19.00 – 23.10 WIT. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Sub Seksi Pemeriksaan Keimigrasian Kanim Jayapura Yulius Lilingan bersama dengan dua orang anggota Seksi Lantaskim.

Kapal MT. Sapporo Princess berbendera Liberia dengan IMO Number : 9439199 tersebut dijadwalkan tiba di Pelabuhan Jayapura pada pukul 18.50 WIT dari Kimanis Malaysia. Petugas berangkat dari Pelabuhan Jayapura menuju Kapal MT.Sapporo Princess di tengah laut menggunakan Kapal Pandu.

Sebelum dilakukan clearance, Petugas Karantina Kesehatan Pelabuhan berkoordinasi dengan Petugas Imigrasi dan menyarankan supaya tidak melakukan pemeriksaan dokumen kru alat angkut secara langsung di atas Kapal Kapal MT.Sapporo Princess. Hal tersebut dilakukan sebagai protokol upaya pencegahan penyebaran pandemi Covid-19 yang masih berlaku. Sehingga, hanya bisa dilakukan pemeriksaan dokumen keimigrasian terhadap kru Kapal MT. Sapporo Princess di atas Kapal Pandu.

Setelah dilakukan proses clearance, dilakukan pemeriksaan keimigrasian terhadap kru Kapal MT. Sapporo, dimana dokumen kru tersebut telah sesuai dan tidak ditemukan permasalahan. Sehingga telah diberikan Izin Masuk terhadap 23 orang WNA dan juga Izin Keluar terhadap 22 orang WNA.

Dalam kegiatan cleareance ini terdapat kru kapal yang diturunkan, dikarenakan kru yang bersangkutan tersebut dalam keadaan sakit kronis dan mengharuskan untuk berobat. Setelah selesai dilakukan clearance, MT. Sapporo Princess berangkat menuju Brisbane Australia.

Dalam melakukan pemeriksaan dokumen keimigrasian terhadap kru alat angkut, petugas dari Seksi Lantaskim Kanim Jayapura biasanya bersinergi dengan beberapa intansi lainnya yang saling berkaitan tugas dan fungsinya seperti Karantina Kesehatan Pelabuhan dan pihak perusahaan Pelayaran Nasional.

#imigrasijayapura
#imigrasiindonesia
#kanimjayapura
#infojayapura
#reformasibirokrasi
#pelayananpublik
#pemeriksaankeimigrasian

Tim Redaksi Kanim Jayapura

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *