Clearance Kedatangan Kru Pesawat di Hanggar PT. AMA area Bandara Sentani Jayapura

Jayapura, Selasa 14 Juni 2022 – Petugas Seksi Lantaskim Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jayapura melaksanakan kegiatan Clearance Kedatangan Kru Pesawat PT. AMA di Hanggarnya area Bandar Udara Sentani Jayapura yang dimulai pukul 13.00 WIT sampai dengan selesai. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kepala Sub Seksi Pemeriksaan Keimigrasian Kantor Imigrasi Jayapura, Yulius Lilingan bersama dengan tiga orang anggotanya.

Pesawat PT>AMA berjenis Pilatus dengan nomor registrasi PK_RKB ini dijadwalkan tiba di hanggar PT. AMA area Bandar Udara Sentani Jayapura pada pukul 15.00 WIT. Sebelumnya, petugas Imigrasi sudah mempersiapkan Mobile Unit BCM untuk melakukan pemeriksaan Dokumen Kimigrasian. Setelah pesawat telah tiba dan terparkir, langsung dilakukan pemeriksaan Pilot pesawat tersebut oleh petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan  (KKP) Wilayah Kerja Sentani sesuai dengan aturan protokol kesehatan. Selanjutnya, petugas Imigrasi melakukan pemeriksaan Dokumen Keimigrasian kru alat angkut tersebut, serta diberikan Izin Masuknya.

Setelah dilakukan proses clearance, didpatkan data kru pesawat terdiri darin dua ornag Warga Negara Amerika Serikat an. Eric Roberts yang merupakan Pilot dan Gary Roberts sebagai kru pendukung pesawat PK_RKB milik PT. AMA. Setelah dilakukan pemeriksaan data keimigrasian, seluruh kru tersebut tidak termasuk dalam daftar cekal dan memiliki paspor yang masih aktif.

Sebagai infromasi, kedua kru tersebut ditugaskan oleh PT. AMA sebagai pemilik pesawat PK-RKB untuk membawa pesawat tersebut dari Majuro, Kepulauan Marshall ke Sentani, Jayapura.

Dalam melakukan pemeriksaan dokumen keimigrasian terhadap kru alat angkut, petugas dari Seksi Lantaskim Kantor Imigrasi Jayapura biasanya bersinergi dengan beberapa instansi lainnya yang berkaitan tugas dan fungsinya yang saling berkaitan tugas dan fungsinya  seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan dan Otoritas Bandara.

 

Tim Redaksi Kanim Jayapura

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *