Pelayanan jemput bola Eazy Passport

Jayapura-Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jayapura melakukan pelayanan jemput bola “Eazy Passport” pada hari Kamis, 03 September 2020 yang dilaksanakan di Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ)

Kepala Lalu Lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jayapura, Ignasius mengatakan bahwa pelayanan Eazy passport merupakan program baru dari Direktorat Jenderal Imigrasi (Ditjen Imigrasi) yang merupakan bentuk pelayanan paspor dilaksanakan di luar Kantor Imigrasi. Di masa pandemi Covid-19 ini, kami melakukan inovasi pelayanan jemput bola. Layanan baru ini diluncurkan untuk mempermudah masyarakat membuat paspor tanpa harus ke kantor Imigrasi. Adapun layanan tersebut bisa diajukan secara kolektif untuk perkantoran, instansi pemerintah, institusi pendidikan, komplek perumahan dan masyarakat umum. Petugas akan mendatangi pemohon untuk melakukan foto dan wawancara di lokasi yang telah ditentukan.

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jayapura melakukan pelayanan dimulai pukul 10.00 WIT s.d. 14.30 WIT. Dalam kesempatan ini permohonan paspor yang diproses sebanyak 12 orang yang terdiri dari dosen dan pegawai Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ). Tampak para pemohon sangat antusias menyambut terobosan baru dalam hal layanan Paspor baru ini yang dilaksanakan oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jayapura karena dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat yang sedang melaksanakan aktifitas di kantor. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan kaedah protokol kesehatan baik petugas maupun masyarakat pemohon Paspor agar terhindar dari penyebaran Covid-19 yang masif penyebaranya belakangan ini.

Layanan Eazy Passport memberikan pelayanan kepada pemohon di lingkungan perkantoran/instansi, institusi pendidikan, komunitas/organisasi hingga kompleks perumahan/apartemen. Petugas kami akan mendatangi lokasi dengan menjalankan protokol kesehatan. Ketika ada masyarakat yang mengajukan permohonan, maka kami minta mereka untuk mengikuti protokol kesehatan. Prosedur pengajuan Eazy Passport cukup mudah, masyarakat hanya perlu mengirim surat permohonan serta nama-nama pemohon yang akan dilayani. Kemudian disampaikan tanggal dan tempat yang akan disiapkan.

Selanjutnya petugas kami akan melakukan survei terkait di tempat tersebut, kemudian sesuai jadwal akan kami datangi lokasi kemudian langsung kami layani proses pembuatan paspor di tempat itu juga, tidak perlu ke kantor Imigrasi, Lebih dalam Ignasius menyampaikan, saat ini layanan Eazy Passport hanya untuk jenis permohonan paspor baru dan penggantian paspor karena habis masa berlaku atau halaman penuh saja.